Rabu, 31 Mei 2017

ETIKA

Ya. Malam ini terpikir untuk menulis beberapa hal tentang etika.
Mungkin, kalo kita bicara tentang etika, saya meyakini bahwa 80 % etika terbentuk karena pengaruh dari keluarga. Jadi, kalau saya melihat orang etikanya tidak baik, setengah pikiran saya sdh pasti mengarah "oh mungkin doa di keluarga diajarkanya begitu".
Saya ini, bukan cewe kalem halus , ga sama sekali.. ngakak sama temen sering sampe keselek, bilang bercanda sambil pake kata goblok juga sering *kalo org blm perna aku bercandain pake kata goblok, honestly itu artinya aku ga gitu cocok temenan sama dia*
. Konteksnya bercanda. TAPI kita harus tau cara respect sama orang.
Saya, sama temen sepantaran mmg bebas aja.. mau ngomong apa ga masalah, yg penting ud bnr bnr kenal jadi enak , ga akan nyakitin.
Lain halnya dengan orang tua. Walaupun saya sama mama papa saya sendiri lebih kayak sahabat daripada kayak orang tua, cara bercanda dll , tapi 1 hal.. saya menghormati mereka.
Contohnya :
Setiap makan, pasti dari kecil dibiasakan buat bilang "mak wo yao je fan" , "kung kung wo yao ji zhi zho qian" , " mak , tia makan" , "xie xie" "kung tia pulang dulu" "mak, tia ijin ke toilet"  emang ada bbrp sodara yg ngomongnya msh pake mandarin, tapi aku ga pinter mandarin. Jd kalo cm blg gtu ya bisa lah ya.
Tapi balik lagi, itu tata krama di keluargaku.
Tiap ketemu mak atau kung pasti cium pipi, sama jabat tangan.

Mama selalu respect sama cowo yg kalo ngajak anaknya, minta ijin ke mama secara langsung. Bukan cuma bilang "ak ws di depan turuno". Tapi masuk ke dalem, jabat tangan, dan ijin mau pergi sama anak nya. Ga cuma cowo sih? Cewepun juga begitu.

Di kos kosan skg pun, aku kalo ketemu orang tua temanku, pasti aku jabat tangan , dan bilang halo tante apa kabar? Tante sehat?

Makan.. aku selalu nyoba kalo ada org lewat, menawarkan selamat makan.

Pernah suatu ketika saat SMA, aku pulang lebih dari jam 9, kebetulan aku tidur di rumah kakek, hbislah sudah aku kena sidang 1 jam krena anak cewe pulang malam, walaupun sama mama di bolehkan , tapi standard pakem org tua pasti beda beda kan. Dan aku ga complain tentang hal itu. Its okay. Ga masalah.

Di keluargaku pun, juga seolah olah mendidik "perempuan harus serba bisa", bahkan nenekku pernah bilang "kamu kalo tau makanan enak, kamu harus bisa masak, kalo kamu ga bisa masak, jgn blg makanan org ga enak"

Waktu SD akupun di kunci di kamar mandi hanya karena makanku ga habis. Sampe sekarang aku pasti selalu habiskan makanan. Tiap makanan sisa ak mikir aja, dulu pernah di didik kayak gitu.

Aku bukn cewe sempurna yang ngomongnya halus, ga pernah benci sama org, slalu patuh perintah org tua, enggak. Tapi aku belajar untuk "menghormati"  mereka sebisa aku, dan semampu aku.
Aku gamau jadi orang egois, yg cuma hidup di dunia wktu ak butuh org aku baik, wktu ga butuh aku ga perduli.

Ternyata..  setelah aku dewasa, aku sadar betul bahwa banyak anak seumurannku yang ga tau etika atau tata krama, rasa "respect" ke org lain ilang. Entah ilang atau entah karena dari kecil tdk diajarkan.

Jadi gaul itu bagus.. tapi kalo ga sopan, ga hormat sama org tua, itu ga bagus :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar